Minggu, 17 April 2011

Dampak Kenaikan Harga bagi Pemerintah

Ketika terjadi kenaikan harga, biasanya yang langsung akan terpikirkan oleh produsen maupun konsumen adalah kebijakan pemerintah . Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pemerintah memiliki bagian dan peran yang cukup besar serta penting dalam menentukan kebijakan dalam kenaikan harga yang terjadi. Ada masyarakat yang menerima kebijakan kenaikan harga yang ditetapkan oleh pemerintah tetapi ada pula yang menggelar berbagai aksi protes sebagai upaya dalam menolak kebijakan tersebut.

Kebijakan untuk menaikan harga sebenarnya merupakan suatu akibat dari melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dollar amerika. Dan pemerintah dalam hal ini berusaha mencegah semakin melemahnya nilai tukar mata uang rupiah dengan cara menaikkan harga supaya inflasi dapat ditekan.

Sebagai contoh adalah kebijakan kenaikan harga BBM .pemerintah memlikiki beberapa opsi dalam menanggulangi kenaikan harga BBM yaitu ketika pemerintah menunda untuk menaikkan harga BBM maka nilai subsidi yang disalurkan untuk biaya pengadaan BBM akan melonjak seiring dengan melemahnya mata uang rupiah terhadap dollar AS. Ketika pemerintah mengambil kebijakan untuk membatasi penggunaan BBM, tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini akan mendapat aksi protes dari masyarakat karena BBM merupakan barang yang menjadi kebutuhan yang wajib bagi masyarakat ibukota .

Tetapi ketika pemerintah mengambil kebijakan untuk menaikkan harga BBM, kebijakan ini juga menemui hambatan karena untuk masyarakata menengah kebawah kenaikan harga BBM akan terasa memberatkan karena akan menambah pengeluaran dan akan mengurangi uang yang akan digunakan demi membeli keperluan pokok. Sehingga masyarakat akan menggelar aksi demo untuk meminta pemerintah menurunkan harga BBM.

Dari kasus tersebut terlihat jelas dampak kebijakan menaikan harga yang diambil pemerintah tidak lepas dari pro dan kontra. Pro dan kontra yang muncul tersebut membuat pemerintah akan sangat berhati-hati dalam hal ini, karena terkadang ketidakpuasan masyarakat yang terus menerus akan membuat hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, lebih jauh lagi tidak jarang masyarakat meminta agar presiden turun dari jabatannya. Jadi pemerintah harus bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan dalam pembuatan kebijakan kenaikan harga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar