Minggu, 05 Desember 2010

Miss Communication


Miss Communication dapat diartikan sebagai suatu kesalahan dalam penerimaan informasi yang biasanya dapat disebabkan oleh kesalahan pemahaman ataupun perbedaan dalam mengartikan informasi sehingga dapat menyebabkan persepsi yang berbeda

Hal ini merupakan salah satu tantangan terbesar di dalam suatu organisasi karena jika terjadi suatu kesalahpahaman antara  setiap bagian di dalam organisasi dapat berdampak buruk terhadap setiap agenda yang akan dilaksanakan

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Miss Communication antara lain :
  1. pengertian ganda terhadap suatu informasi
  2. kurangnya komunikasi antara setiap individu
  3. ketidakjelasan dalam penyampaian informasi
  4. informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut terpotong dikarenakan perbedaaan pemahaman setiap individu
  5. perbedaan dalam bidang ilmu yang ditekuni
  6. perbedaan sudut pandang dalam melihat suatu informasi
  7. pencatatan informasi secara tidak lengkap
Sebenarnya kita dapat menghindari terjadinya suatu Miss communication dan menciptakansuatu komunikasi yang baik dan berhasil dengan memenuhi syarat berikut :
  1. Jelas  : Dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima informasi
  2. Tepat : Informasi harus disampaikan kepada orang yang sesuai dengan bidangnya
  3. Sasaran  : Tujuan pemberian atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si penyampai informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar