Soal:
1.Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2.Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3.Sebutkan cara peyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4.Sebutkan Prinsif dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja.
Jawab :
1.Syarat komunikasi yang baik dan berhasil:
- Melakukan pengecekan terhadap data sumber,
- Perlu adanya penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat tentang data yang telah
diolah
- Memberikan sanksi tegas kepada yang melakukan penyelewengan data/informasi.
3.Cara peyusunan paper/warkat:
- Sistem penyusunan paper menurut abjad,
- Sistem penyusunan menurut subjek,
- Sistem penyusunan menurut nomor, dan
- Sistem penyusunan menurut waktu.
4.Prinsip dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja.
Prinsip-prinsip dalam tata kerja, prosedur dan system kerja :
Tata kerja, prosedur kerja dan system kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan , fasilitas, peralatan, material, biaya dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi, jabatan, analisa jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.
Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
Dalam penetapan tahap-demi tahap dalam rangkaian pekerjaan (misalnya soal prosedur surat keluar) maka antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul-betul terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseluruhannya menuju ke arah satu tujuan.
Dan tiap-tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu pekerjaan yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
Di samping itu harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan ketrampila tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas yang termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur kerja. Dengan kata lain prosedur kerja disusun bukena berdasarkan jumlah (quantity) tenaga kerja yang ada, melainkan berdasarkan skill (quality) tenaga kerja yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan suatu bidang pekerjaan tertentu.
1.Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2.Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3.Sebutkan cara peyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4.Sebutkan Prinsif dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja.
Jawab :
1.Syarat komunikasi yang baik dan berhasil:
- Jelas, maksudnya adalah berita yang disampaikan dapat dipahami oleh baik oleh komunikator (pembicara) ataupun komunikan (pendengar).
- Tepat, masksudnya adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator dapat langsung diterima/dipahami oleh penerima dengan baik.
- Sasaran sesuai, maksudnya adalah si komunikan merupakan orang yang tepat untuk menerima suatu informasi.
- Melakukan pengecekan terhadap data sumber,
- Perlu adanya penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat tentang data yang telah
diolah
- Memberikan sanksi tegas kepada yang melakukan penyelewengan data/informasi.
3.Cara peyusunan paper/warkat:
- Sistem penyusunan paper menurut abjad,
- Sistem penyusunan menurut subjek,
- Sistem penyusunan menurut nomor, dan
- Sistem penyusunan menurut waktu.
4.Prinsip dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja.
Prinsip-prinsip dalam tata kerja, prosedur dan system kerja :
Tata kerja, prosedur kerja dan system kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan , fasilitas, peralatan, material, biaya dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan tentang tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi, jabatan, analisa jabatan, unsur kegiatan organisasi dan semacamnya.
Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang termaksud.
Dalam penetapan tahap-demi tahap dalam rangkaian pekerjaan (misalnya soal prosedur surat keluar) maka antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul-betul terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseluruhannya menuju ke arah satu tujuan.
Dan tiap-tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu pekerjaan yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.
Di samping itu harus ditetapkan pula skill atau kecakapan dan ketrampila tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian bidang tugas yang termaksud. Jadi ini dimaksudkan untuk tidak memperpanjang prosedur kerja. Dengan kata lain prosedur kerja disusun bukena berdasarkan jumlah (quantity) tenaga kerja yang ada, melainkan berdasarkan skill (quality) tenaga kerja yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan suatu bidang pekerjaan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar