Senin, 11 Juni 2012

Hard Skill

Hard Skill memang tidak dapat dipisahkan dengan soft skill di dalam kehidupa manusia... tetapi hard skill dan soft skill memiliki perbedaan yang cukup besar. Soft skill yang telah saya bahas sebelumnya merupakan suatu suatu kemampuan individu untuk dapat bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan lingkungan dimana dia berada sedangkan hard skill aalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang di dalam bidang tertentu atau dapat disebut juga sebagai kemampuan akademis.

Hard skill seseorang dapat dinilai dari raport, ijazah, sertifikat ataupun nilai IPK bagi para mahasiswa dan suatu kebanggan jika seseorang memiliki kemampuan hard skill yang sangat tinggi, karena dianggap sebagai orang yang pintar di bidang akademis sehingga juga disukai oleh banyak orang karena pengetahuannya yang luas. Tetapi hal itu tidak menentukan bahwa orang yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya karena justru orang yang memiliki prestasi yang cemerlang dianggap memiliki soft skill yang minim atau bersifat individualis.

Tetapi hal itu tidak mengesampingkan pentingnya suatu hard skill dalam dunia kerja karena hard skill bisa disebut sebagai pintu awal dalam memasuki suatu tahap selanjutnya baik itu untuk masuk ke perguruantinggi ataupun untuk memasukin dunia kerja walaupun nantinya soft skill juga berperan penting.

Oleh karena itu, perlu ada keseimbangan antara hard skill dan soft skill supaya kita bisa berkembang dengan lebih pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar