Senin, 11 Juni 2012

Makanan Khas Indonesia

Pempek atau ada yang menyebut dengan empek-empek, siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan yang berbahan baku ikan ini sudah terkenal dari anak sd sampai orang tua. Makanan ini berasal dari palembang, sumatera selatan.

Manurut ceritanya asal kata nama pempek berasal dari sebuah cerita rakyat dimana seorang yang bernama apek yang berusia 65 tahun merasa prihatin dengan berlimpahnya tangkapan ikan yang berlimpah di sungai Musi karena belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik. Ia kemudian mencoba alternatif lain dalam mengolah ikan yang berlimpah, ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapiokan lalu digoreng dan disajikan dengan sausdari cuka. Makanan tersebut dijajakan keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Saus pempek yang berwarna hitam kecoklatan ini terbuat dari air yang didihkan, ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk serta bawang putih dan garam. Selain itu,saus pempek ternyata memiliki manfaat, saus yang disebut cuko ini oleh masyarakat palembang dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin)

Awalnya saus pempek(cuko) dibuat pedas untuk menambah nafsu makan tetapi seiring waktu banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Banyak sekali jenis pempek tetapi yang terkenal adalah “pempek kapal selam” yaitu pempek yang dibuat dari telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng. Selain itu ada pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan.

Sekarang pempek dapat ditemukan dimana saja karena pempek memiliki penggemar tersendri yang akan terus mencarinya untuk memuaskan selera makannya... jadi... selamat makan :D




2 komentar: