Senin, 11 Juni 2012

Media Jejaring Sosial

Apakah kalian tahu jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll? Pasti tahu dong? Ya, Jejaring sosial tersebut sudah melekat pada setiap aktifitas di kehidupan kita. Tetapi apakah kalian tahu dampak-dampak dari media jejaring sosial itu? Memang mereka mempunyai manfaat bagi kehidupan kita. Media jejaring sosial dapat digunakan untuk mempermudah bersosialisasi dengan orang-orang yang jauh. Ya contohnya dapat mempererat silahturahmi dengan teman lama yang kebetulan tidak punya nomor teleponnya^^

Selain mempermudah dalam bersosialisasi, media jejaring sosial juga mempermudah kita untuk menjalankan suatu bisnis dan mempromosikan sesuatu barang atau jasa. Contohnya, ya kalau kita mempunyai usaha dan ingin usaha itu cepat mendapat pelanggan, kita dapat mempromosikannya di media jejaring sosial. Jika kita mempromosikannya di media jejaring sosial, toh pasti akan dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia, kan? Dan pastinya akan dapat menambah pelanggan.

Media jejaring sosial juga mempunyai manfaat yang lain selain yang ada di atas, yaitu dapat membantu kita mendapat informasi yang jauh lebih luas dibandingkan mendapat informasi hanya dari media massa. Informasi apapun bisa kita peroleh dari media jejaring sosial, baik itu berita lokal sampai interlokal, baik berita pernikahan sampai berita perceraian.

Eits, tetapi jangan salah! Selain mempunyai dampak positif alias manfaat, media jejaring sosial juga memiliki dampak-dampak negatif yang sangat mempengaruhi kehidupan kita di dunia nyata. Ya, media jejaring sosial memang mempermudah bersosialisasi dengan orang-orang yang jauh, tetapi dapat memperburuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kita karena terlalu seringnya kita menggunakan jejaring sosial sebagai media berkomunikasi. Jika sudah seperti itu, kita akan menjadi lebih sering berkomunikasi di depan laptop, komputer atau hp dibandingkan berkomunikasi secara langsung.

Dengan demikian, walaupun media jejaring sosial itu mempunyai segudang manfaat, tetapi mereka juga mempunyai mudarat yang memang mempermudah dalam berkomunikasi di dunia maya, justru memperburuk dalam bersosialisasi dalam dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar